Jumat, 23 Maret 2012

TEMA : KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

SOSIALISASI MERUPAKAN SEBAGIAN PRIBADI DARI BANGSA TIMUR
Oleh Intan Oka Herdanis

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1                          Latar Belakang
Setiap manusia dilahirkan dengan kepribadian yang berbeda. Kepribadian seseorang terkait dengan proses sosialisasi yang berlangsung di masyarakat.
                        Sosialisasi berlangsung terus menerus pada tiap – tiap masyarakat. Dengan proses sosialisasi seseorang menjadi tahu bagaimana dia harus bertingkah laku di tengah masyarakat. Dalam hal ini norma – norma dan nilai – nilai yang dianut sebuah masyarakat menjadi faktor yang paling menentukan bagaimana seseorang harus berperilaku agar ia tidak dikucilkan dan menjadi orang yang disukai dalam kelompoknya.
                        Sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma – norma serta nilai – nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.
                        Kepribadian dipengaruhi oleh faktor pembawa, faktor lingkungan fisik, faktor kelompok, faktor kebudayaan khusus dan faktor pengalaman yang unik. Bagaimanakah peran sosialisasi dalam bentuk kepribadian bangsa timur ?

1.2                          Perumusan Masalah
                   Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan permasalahan berikut :
1.1.1                  Bagaimana minat manusia untuk bersosialisasi kesesama manusia ?
1.1.2                  Apakah penyebab perlu manusia untuk bersosialisasi dengan manusia lain ?
1.1.3                  Apa saja faktor dan kendala-kendala manusia untuk bersosialisasi dengan masyarakat ?

1.2                          Pembatasan Masalah
Masalah dalam penelitian ini dibatasi oleh :
1.2.1                  Minat manusia untuk bersosialisasi kesesama manusia.
1.2.2                  Penyebab perlunya manusia untuk bersosialisasi dengan manusia lain.
1.2.3                  Faktor dan kendala-kendala manusia untuk bersosialisasi dalam kehidupan yang positif.
1.4             Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan diatas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.4.1         Mengetahui minat manusia untuk bersosialisasi kesesama manusia.
1.4.2         Mengetahui penyebab perlunya manusia untuk bersosialisasi dengan manusia lain.
1.4.3         Menganalisis faktor dan kendala-kendala manusia untuk bersosialisasi dalam kehidupan yang positif.
1.5             Manfaat Penelitian
                   Penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut :
1.5.1         Penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan minat  manusia untuk bersosialisasi dengan manusia lainnya dan juga agar manusia bisa memilah kehidupan sosial yang akan dipilih dan menunjukan kepribadian bangsa timur.

BAB II
LANDASAN TEORI
                                 Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang ada dalam sebuah masyarakat. Dalam keluarga proses sosialisasi pertama kali dilakukan. Apa yang dianggap benar dan baik dalam sebuah masyarakat akan diajarka oleh orang tua kepada anaknya sehingga akan mempengaruhi kepribadiannya dimasa yang akan datang.
                                 Proses pembentukan kepribadian seseorang akan berbeda satu sama lain tergantung dari pola sosialisasi yang di anut oleh masyarakatnya. Walaupun demikian, setiap masyarakat memiiki pola – pola perilaku umum yang membatasi perilaku individu berdasarkan kepribadiannya.
                                 Dalam bangsa timur, sosialisasi dapat didefinisikan sebagai satu proses soasial yang terjadi bila seorang individu menghayati dan melaksanakan norma – norma kelompok tempat ia hidup sehingga akan merasa jadi bagian dari kelompoknya.
                                 Ciri watak seseorang  individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang mandiri. Abstraksi dari pola perilaku manusia sebagai individual. Jadi, kepribadian merupakan ciri – ciri atau watak yang khas dari seorang individu sehingga dapat memberikan identitas yang khas bagi individu tersebut.
BAB III
PENUTUP
3.1             kesimpulan.
                   Kesimpulannya adalah kita sebagai bangsa timur mempunyai kepribadian untuk bersosialisasi dan berinteraksi kesesama manusia. Kepribadian individu sangat dipengaruhi oleh corak budaya yang ada dalam masyarakatnya. Struktur budaya yang ada memang tidak semuanya akan diserap dan diterima oleh individu tetapi setidaknya ada nilai – nilai tertentu yang dipedomani dan dijadikan dasar untuk menentukan sikap atau perilaku dalam bertindak sehari – hari sehingga membentuk khas yang disebut kepribadian.
3.2             saran.
                   Kita sebagai bangsa timur, sebaiknya mengikuti kebudayaan yang dianut dalam masyarakat, salah satunya adalah bersosialisasi dengan makhluk hidup yang lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review