Jumat, 29 Juni 2012

JURNAL 1


ANTI VIRUS
Intan Oka Herdanis
Teknik Informatika, Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Kalimalang, Bekasi, 17000, Indonesia
Abstrak
Dewasa ini dimana teknologi infomasi semakin canggih, kita perlu juga pengamannya. Kita membutuhkan penangkal untuk membasmi virus yang ada di komputer yang sering di sebut ANTIVIRUS. Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Kata Kunci: Pengamanan, Teknologi Informasi, antivirus
Abstract
Infomasi today where technology is becoming more sophisticated, we need also the safety. We need an antidote to eradicate the virus in a computer that is often called ANTIVIRUS. Antivirus is a type of software used to secure, detect, and remove computer viruses from computer systems. Antivirus Virus Protection Software is also called. This application can determine whether a computer system has been infected with a virus or not. Generally, the software is running in the background (background) and do a scan of all files that are accessed (opened, modified, or when it is stored)
Keywords: safety , Information of Technology, antivirus

1     1.      Pendahuluan


Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini tidak bisa di pungkiri lagi, semua sudah canggih dan terkomputerisasi. Namun komputer-komputer yang di gunakan ada kalanya mengalami hang atau terkena virus. antivirus sangat penting untuk perlindungan data-data yang kita punya. Sering sekali Anda menemui situsi dimana komputer terjangkit virus tetapi tidak menimbulkan gejala-gejala secara langsung sehingga komputer terlihat seperti bebas dari virus. Cara terbaik untuk meyakinkan bahwa komputer dalam status bebas virus adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin virus terhadap komputer Anda. Pastikan antivirus yang Anda pilih mampu melakukan pemeriksaan rutin terhadap komputer meski Anda sedang melakukan pekerjaan lain dikomputer.


2     2.      Fungsi antivirus untuk komputer  
      Anti-virus software terus memonitor komputer untuk virus, dan jika ada yang ditemukan, menghilangkan mereka dengan izin pengguna. Sebuah anti virus yang baik akan memindai mesin setidaknya seminggu sekali, dan sering akan menawarkan upgrade. antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau "False Alarm" (jika konfigurasi antivirus terlalu "keras"), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu "lunak"), terjadi false positive.

3     3.      Cara Kerja antivirus
a. Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya.

Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).


b. Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus.

5     4.      Kesimpulan
semakin maju perkembangan jaman, harus semakin kuat pula proteksi kita tergadap data-data penting kita, untuk itu gunanya teknologi informasi juga harus menyeimbangkan kepada keamanan. Oleh karena itu terciptala antivirus yang gunanya untuk mendeteksi dan menangkal virus-virus yang terdapat di komputer kita, agar data-data yang ada di dalam komputer kita tejamin.
Daftar Pustaka
Wikipedia, Pemrograman, http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman, 2012.
: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/2204160-fungsi-anti-virus-di/#ixzz1zCIXNptI

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review